Follow Instagram Kami

Follow Instagram Kami
Informasi desain rumah & proyek terupdate

Desain Mushola Nurul Jannah - Jakarta Timur




Renovasi mushola Nurul Jannah diketuai oleh Bpk. H. Achmad Bathin yang juga selaku ketua RW01 Lubang Buaya Jakarta Timur. Bangunan mushola yang telah lama berdiri satu lantai memerlukan tambahan kapasitas terutama menjelang bulan Ramadhan. Dari keperluan tersebut kami mencoba memberikan desain yang memenuhi kriteria yang telah disepakati oleh musyawarah warga. Tidak hanya menambah kapasitas ibadah, kami juga berupaya untuk menampilkan desain yang menarik sehingga memberi kebanggaan bagi warga yang bersama-sama memiliki mushola ini.

Di lantai 1 tidak banyak perubahan kami buat karena warga tetap ingin mempertahankan ruangan utama serta fasilitas penunjang di lantai 1. Kami hanya perlu menambahkan tangga sebagai akses ke ruangan atas. Tangga kami tempatkan disudut depan bangunan. Dengan tercover dinding, tangga ini kami jadikan sebagai aksen utama bangunan mushola ini. Tangga tercover oleh dinding yang menjulang hingga melebihi tinggi atap lantai 2. Ini sengaja kami rancang agar aksennya terlihat menyerupai sebuah menara. Perpaduan batu alam dan roster (lubang angin) kami terapkan untuk menghiasnya. Susunan batu tempel dan rooster dibingkai dengan list membentuk arc segitiga. Sedangkan dipuncaknya kami memberikan profil sebagai mahkota.

Bentuk arc dengan bagian atas segitiga kami terapkan pula di sisi-sisi bangunan yang lain. Selain untuk keselarasan bentuk ini juga mengurangi pancaran terik matahari serta tampias ketika hujan. Profil puncak berwarna keemasan juga kami gunakan disisi lain bangunan namun tidak setinggi profil puncak pada tangga.

Denah mushola lantai 2 mengikuti dinding dan bukaan pada lantai 1. Susunan bangunan utama dengan teras juga tidak jauh berbeda dengan lantai 1. Sebagai fasad lantai 2 juga kami gunakan tampilan yang  sama agar tercipta keselarasan tanpa banyak ornamen yang ramai.

Dari warna, kami pilihkan kombinasi warna putih yang dominan dengan aksen abu-abu serta warna emas. Pilihan komposisi warna tersebut kami gunakan agar tampilan mushola terlihat modern namun tetap menunjukkan nuansa islami. Untuk pagar kami mendesain bentuk menyerupai benteng agar terkesan kokoh melindungi bangunan. Material batu tempel hitam bergaris digunakan agar tidak terlihat kotor.

0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.